Home » » Bidik UKM, Kadin Salurkan Kredit Rp 1,21 Miliar - ( 8U51N355 )

Bidik UKM, Kadin Salurkan Kredit Rp 1,21 Miliar - ( 8U51N355 )

TEMPO.CO , Jakarta :P T Palapa Nusantara Berdikari, lembaga pembiayaan bentukan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia tahun ini telah mengucurkan kredit Rp 1,21 miliar.

Rincian kredit yang disalurkan berupa: bantuan pinjaman modal kerja sebesar Rp 350 juta kepada pelaku UKM Olahan Keripik Buah CV Tamita Takengon di Medan, Perkebunan Kopi CV Sandy Putra di Bandung sebesar Rp 500 juta, Pengrajin Rotan CV Palunesia Rattan di Palu sebesar Rp 260 juta, Pembudidaya Jamur Tiram CV Citi Mandiri Agritech di Bandung sebesar Rp 100 juta.

Wakil ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial Rosan P. Roeslani menyatakan bahwa dalam menyalurkan kredit, Palapa Nusantara membidik Usaha Kecil Menengah (UKM). “Targetnya, adalah bisa menyalurkan pinjaman modal kerja kepada 17 UKM hingga akhir 2013 dengan total senilai Rp 10 miliar hingga Rp 12 miliar,” ujarnya, Jumat 28 September 2013.

Rosan menyatakan, kontribusi UKM bagi penguatan ekonomi daerah sangat besar. Bahkan, UKM dinilai bisa menopang ekonomi nasional di tengah defisit transaksi berjalan, defisit neraca perdagangan, hingga pelemahan nilai tukar rupiah yang terjadi kini.

Sayangnya, kata Rosan, untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing, sebagian besar pelaku UKM menemui kendala seperti minimnya dukungan pembiayaan karena aksesnya yang terbatas kepada lembaga perbankan. “Sebagian besar pelaku UKM dinilai masih belum bankable sehingga terkendala dalam akses pembiayaan untuk mengembangkan usaha,” katanya.

Sementara itu Ketua Komite Tetap Kadin Bidang Modal Ventura Safari Azis mengatakan, untuk Plafon pembiayaan modal kerja Palapa, jumlahnya minimal Rp 100 juta dan maksimal Rp 500 juta. “UKM yang mendapat bantuan pinjaman modal kita targetkan bisa naik kelas dan nantinya bisa memenuhi persyaratan kredit perbankan seiring dengan pendampingan keuangan seperti yang Palapa lakukan.”

PINGIT ARIA

Topik Terhangat

Mobil Murah|Kontroversi Ruhut Sitompul|Mun’im Idris Meninggal|Info Haji|Tabrakan Maut

Berita Terpopuler

Inilah Kasus Besar yang Ditangani Mun’im Idris

Mun’im Idris Dikenal Dermawan

Otobiografi Mun’im: Sepotong Jasad, Seribu Cerita

Ini Profil Lengkap 10 Calon Dirjen Pemasyarakatan

Kesaksian Berbelit-belit, Hakim Tegur Anis Matta



YOUR COMMENT

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Subscribe our Youtube
Subscribe me on RSS