Home » » ‘SMS Guard’ Jamin Kerahasiaan Data di Telepon Seluler Anda - ( 8U51N355 )

‘SMS Guard’ Jamin Kerahasiaan Data di Telepon Seluler Anda - ( 8U51N355 )

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kini publik tak perlu khawatir lagi konten percakapannya lewat Short Message Service (SMS) diintip pihak yang tidak berkepentingan. Kini telah hadir layanan bernama ‘SMS Guard’ yang melindungi lalu lintas SMS pelanggannya dengan teknologi enkripsi (pengacakan data) canggih.

“Kami kembangkan layanan aplikasi ‘SMS guard’ untuk menjamin privasi seseorang akan keamanan percakapan SMS-nya.  Kami jamin bahwa konten pesan pendek pelanggan ‘SMS Guard’ aman dan antisadap. Hanya pihak yang dituju saja yang bisa membaca pesan pendek dari pelanggan ‘SMS Guard’,” ujar Head of Information Technology (IT) Bussiness Division ICK Company, Agung S Bakti, dalam rilis yang diterima Tribunnews, Jakarta, Sabtu (28/9/2013).

‘SMS guard’ tersebut sendiri diluncurkan kemarin di Hotel Mulia, Senayan Jakarta. SMS Guard adalah layanan ekslusif pengamanan SMS antisadap berbasis private server. Layanan ini menjamin privasi pelanggannya untuk saling berkirim pesan SMS secara aman tanpa khawatir kontennya disadap atau diketahui pihak lain yang tidak berkepentingan.

Pesan pendek yang dikirimkan pelanggan ‘SMS Guard’ terlebih dahulu dikirimkan ke server ‘SMS Guard’ dan dienkrip (diproses menjadi kode-kode acak) sebelum diteruskan ke ponsel sesama pelanggan yang dituju.

“Jika ada pihak yang mencoba menyadap isi percakapan SMS tersebut, maka yang tampak hanyalah kode-kode yang tak bermakna secara bahasa. Pihak yang bisa membuka kunci kodenya hanyalah pelanggan ‘SMS Guard’ lain yang memang menjadi nomor tujuan pengiriman pesan pendek tersebut,” terang Agung.

Agung pun mengatakan tidak main-main dengan produk tersebut. ‘SMS Guard’ siap mengembalikan biaya berlangganan hingga 1000 kali lipat jika kode enkripsinya bisa dijebol pihak lain yang tidak berkepentingan.

“Bisnis kami sesungguhnya adalah menjamin privasi seseorang; ‘guarantee your privacy’. Adalah hak asasi setiap orang untuk mendapatkan perlindungan keamanan akan data-data pribadinya. Termasuk keamanan data SMS pribadi,” ungkap Agung.

Sementara itu, Research and Development Manager SMS  Guard Sujoko menambahkan pengamanan data SMS  tersebut memakai algoritma gabungan block chipper dan stream chiper.

“Pengamanan ganda juga dilakukan dengan salt factor sebagai perkuatan kriptografi,” katanya.

Dengan teknologi tersebut konten data SMS sangat aman dari gangguan atau sadapan dari pihak yang tidak berkepentingan.

“Bahkan kami sebagai pengembang aplikasi dan penyedia layanan ‘SMS Guard’ ini pun tidak akan bisa tahu apa isi SMS tersebut. Karena begitu SMS diproses dan dikirimkan dari ponsel pelanggan, otomatis langsung terenkripsi untuk dikirim nomor yang dituju,” tegas Sujoko.

‘SMS Guard’ juga mempunyai fitur khusus masking nomor tujuan. Dengan fitur ini nomor tujuan tersamarkan, sehingga semakin meningkatkan privasi bagi para pelanggannya. Dengan demikian, data SMS akan sulit dilacak atau antiforensik dan audit, oleh pihak yang tidak berkepentingan.

Diterangkan pula, layanan ‘SMS Guard’ ini murni berbasis jalur komunikasi SMS, sama sekali tidak menggunakan data plan (jaringan internet). Sehingga pelanggan SMS Guard tetap dapat berkomunikasi secara aman di daerah yang minim layanan data provider seluler. Berbeda dengan layanan pesan lain yang lebih banyak mengandalkan jalur komunikasi data via jaringan internet.

“Jadi selama masih ada sinyal seluler di level terendah sekalipun, maka sesama pelanggan SMS Guard dapat saling mengirimkan SMS yang telah dienkrip,” ujarnya.

Aplikasi smartphone yang dikembangkan para pakar IT dan kriptologi bisa diunduh langsung di web www.smsguard.co.id. Ada tiga kategori layanan yang tersedia. Yakni silver,gold dan platinum. Masing-masing kategori memberikan tingkat pengamanan data SMS yang berbeda-beda.

Setelah dipasarkan di dalam negeri, tahun depan depan SMS Guard direncanakan akan menyasar segmen market di Amerika, Asia dan Eropa. Pengembangan ke depan, pengamanan tidak hanya sebatas SMS tapi juga untuk email dan voice (suara)

Bagi masyarakat yang ingin mencobanya bisa mengunjungi booth SMS Guard di pameran teknologi computer Indocomtech yang akan berlangsung tanggal 30 Oktober hingga 2 November mendatang di Jakarta Convention Center (JCC).

Baca Juga:

‘SMS Guard’ Jamin Kerahasiaan Data di Telepon Seluler Anda

Susunan Pemain Tottenham vs Chelsea

6090 Orang Daftar CPNS Pemkab Jember



YOUR COMMENT

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Subscribe our Youtube
Subscribe me on RSS