Home » » XL Fasilitasi Telekomunikasi APEC - ( 8U51N355 )

XL Fasilitasi Telekomunikasi APEC - ( 8U51N355 )

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Steven Greatness

TRIBUNNEWS.COM, PONTIANAK - PT XL Axiata Tbk (XL) ditunjuk oleh pemerintah sebagai satu di antara mitra penyedia layanan telekomunikasi (Telco Partner) dalam penyelenggaraan Asia-Pacific Economic Cooperation(APEC) yang akan berlangsung di Bali, 1-8 Oktober 2013 mendatang.

XL akan menyediakan sejumlah fasilitas telekomunikasi dan pendukung lainnya untuk melayani kebutuhan berbagai pihak terkait kegiatan APEC, termasuk peserta, panitia, dan media massa.

Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan mengatakan, APEC merupakan momen besar kenegaraaan yang akan dihadiri oleh banyak pemimpin negara di kawasan Asia Pasifik. Kelancaran penyelenggaraannya akan sangat mempengaruhi citra Indonesia di mata komunitas Internasional.

“Karena itu XL berkomitmen untuk turut serta mendukung kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan event ini dari sisi layanan telekomunikasi seluler,” ujarnya.

Ongki memaparkan, untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan APEC, XL telah melakukan berbagai upaya peningkatan infrastruktur jaringan telekomunikasi khususnya di wilayah Bali dan sekitarnya, serta area di beberapa bandar udara yang menjadi lokasi parkir pesawat membawa delegasi APEC.

Di antaranya Bandara Juanda Surabaya, Sam Ratulangi Makassar, Adi Sucipto Yogyakarta, Sepinggan Balikpapan, serta Selaparang Lombok. Kesiapan infrastruktur jaringan mencakup fasilitas MSC pool dan SGSN in pool, yang memungkinkan jaringan XL akan terlindung dari lonjakan trafik  pada satu lokasi tertentu karena kapasitas jaringan secara otomatis tersebar di beberapa titik.

Kesiapan jaringan XL juga didukung dengan ketersediaan jaringan backbone fiber optic bawah laut yang menghubungkan Jawa-Bali, serta Bali-Lombok-Makassar dengan kapasitas masing-masing sebesar 180 Gbps.

Kesemuanya terhubung dengan rangkaian backbone fiber optic XL yang berada di jalur Sumatra, Batam, serta Kalimantan. Khusus di Bali, jaringan fiber optic XL tersedia sepanjang sekitar 1.082 Km di berbagai wilayah.

Selama penyelenggaraan APEC, XL menyediakan berbagai layanan telekomunikasi dan fasilitas pendukung lainnya bagi para delegasi, di antaranya akses internet berkecepatan tinggi yang memungkinkan pengguna untuk menikmati layanan video streaming, download dan upload file berukuran besar, serta layanan gratis telepon international (via VoIP) yang tersebar di sejumlah lokasi.

“XL juga menyediakan bantuan teknis untuk kebutuhan berkomunikasi para delegasi, wartawan, dan tamu undangan lainnya berupa tenaga ahli (gadget expert) yang berkompeten mengenai perangkat telekomunikasi dengan layanan XL khususnya untuk layanan berkomunikasi ke luar negeri (roaming), melalui layanan voice, SMS ataupun data (Internet),” tutur Ongki.

Sementara itu, XL juga mendukung program APEC Young Entrepreneurship, dengan memberikan mentoring kepada 1.000 wirausahawan muda peserta APEC. Program tersebut merupakan corporate social responsibility untuk mendorong meluasnya peran ekonomi APEC guna meningkatkan kolaborasi wirausaha muda antarnegara dalam memulai kegiatan usahanya.

Secara khusus XL juga telah meningkatkan kapasitas jaringan di beberapa lokasi yang akan mendukung APEC. Khusus di area Nusa Dua, XL telah menyiagakan 45 BTS 2G dan 51 BTS 3G. Area Nusa Dua juga telah secara full ter-cover 3G. Selain tempat konferensi, di kawasan tersebut XL juga meningkatkan coverage di hotel-hotel yang menjadi tempat menginap terkait APEC.

“Tidak lupa, XL juga menambah kapasitas jaringan 2G dan 3G yang sudah ada, serta menambah kapasitas transmisi. XL juga telah melakukan persiapan khusus di Bandara International Ngurah Rai, yang akan menjadi pintu masuk kedatangan para tamu APEC. Di lokasi ini, XL antara lain telah melakukan penambahan beberapa BTS dan mobile BTS,” katanya.

Baca Juga:

XL Permudah Pembelian Voucher Game Online Melalui Pulsa, Voucher dan XL Tunai

XL Serahkan Klaim Pertama Program Asuransi di Magelang

Mengapa Penggunaan Telepon dan SMS Saat Lebaran Turun?



YOUR COMMENT

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Subscribe our Youtube
Subscribe me on RSS